Gereja Tertua Di Makassar

Gereja Hati Kudus Yesus adalah gereja tertua di Makassar juga diseluruh Sulawesi Selatan dan Tenggara. Melihat langsung bangunan yang sudah ada sejak tahun 1898 ini akan memberikan pengalaman wisata yang sangat berkesan kepada Anda.

Perjalanan penyebaran agama Katholik di Makassar memang sudah terjejak sejak ratusan tahun lalu. Asal mulanya, pada tahun 1525 kota Makassar untuk pertama kalinya disinggahi oleh 3 orang pastor dan misionaris dari Portugal yakni Pastor Antonio do Reis, Cosmas de Annuciacio dan Bernardinode Marvao. Pada tahun 1954 Pastor Vicente Viegas datang dari Malaka dan bertugas di Makassar. Di tempat ini Viegas ditugaskan untuk melayani pada Portugis yang beragama Katholik dan beberapa raja serta bangsawan Sulawesi Selatan yang telah dibaptis. Ya, Raja Gowa yang pertama memeluk Islam yakni Sultan Alauddin serta beberapa penerusnya memang memberikan kebebasan kepada umat Katholik untuk mendirikan gereja pada tahun 1633.

Gereja ini merupakan salah satu cagar budaya yang hingga kini bentuk aslinya masih dipertahankan alias masih sama seperti ketika pertama kali dibangun.  Gereja makin indah karena berada di lokasi yang asri dengan pepohonan rimbun. Berada di sisi barat lapangan Karebosi membuat tempat ibadah yang punya nama lain Gereja Katedral Makassar ini mudah diakses oleh masyarakat yang ingin beribadah ataupun wisatawan luar kota.

Bangunan Gereja Katedral  Makassar ini bergaya arsitektur Eropa gothik karya Swartbol. Sayangnya saat bangunan ini belum selesai, Swartbol harus berangkat ke Eropa. Pembangunan gereja selanjutnya diteruskan oleh seorang ahli pengairan S Fischer. Yang paling mengasyikkan saat mengunjungi gereja tua ini adalah lingkungan sekitarnya yang terawat dan bersih. Selain masih sangat terlihat megah, gereja ini menjadi pusat kegiatan umat Kristiani setiap tahun seperti saat merayakan Natal Oikumene.

Selain melihat dari dekat bangunan utamanya Anda juga akan menjumpai tiga buah lonceng pemberian Mr. Scharpf pada tahun 1923. Lonceng ini diletakkan dalam sebuah menara di sisi selatan gereja. Menara ini pun sudah berkali-kali mengalami perombakan dengan pertimbangan estetika.

Gereja Katedral Makassar ini berada di jalan Kajaolalido dan bisa diakses dengan berjalan kaki dari lapangan Karebosi.

(sumber: panduanwisata.com)

1 komentar:

  1. http://gpibimmanuelmksr.wordpress.com/2013/07/18/sejarah-gpib-immanuel-makassar/ Gereja tertua di makassar

    BalasHapus