Home » , , , , , , » Goa Tengkorak Suku Dayak di Balik Tebing Kapur

Goa Tengkorak Suku Dayak di Balik Tebing Kapur

DIKENAL karena keberadaan suku terbesar, yaitu suku Dayak, daerah ini juga masih identik dengan pepohonan hutan rimba serta keragaman budaya dan agama. Namun, ada hal menarik yang tak pernah bisa dipungkiri bagi sebagian besar penduduk daerah ini.

Terletak di Desa Kesungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur, sekitar 145 kilometer sebelah barat daya dari Kota Balikpapan terdapat suatu goa yang dikenal dengan sebutan Goa Tengkorak. Goa ini berada di sebuah tebing kapur tegak berwarna putih. Tingginya mencapai 50 meter.

Sesungguhnya, goa ini hanya sebuah ceruk yang berada di atas tebing setinggi 1,5 meter dengan lebar 2 meter dan panjang 3 meter. Uniknya, di dalam goa ini terdapat lorong sempit menjorok ke arah tebing. Dari luar memang nampak kecil, namun ketika ditelusuri goa ini sangat panjang, seperti dilansir dari Indonesiatravel, Selasa (19/11/2013).

Di dalam goa ini terdapat puluhan tengkorak serta tulang belulang manusia. Saat ini ada 35 tengkorak dan 170 tulang-belulang yang ada di dalam sini. Menurut kepercayaan warga setempat, tulang belulang manusia tersebut adalah mayat nenek moyang mereka.

Kondisi tengkorak di dalam goa ini ada yang sebagian masih utuh, adapula yang sduah tinggal serpihannya atau beberapa bagian pecah. Tak hanya itu, di dalam goa ini terdapat populasi burung walet meski belum diketahui pasti berapa banyak.

Untuk sampai ke tempat ini cukup mudah karena desa ini terletak di jalan Trans Kalimantan. Perjalanan menuju goa harus menyebrangi dua sungai dan jalan setapak sekira 1 kilometer. Untuk mencapai tebing, kini sudah dibangun tangga untuk memudahkan pengunjung ke tempat ini. Namun sayangnya, tempat ini masih sangat sepi dikunjungi oleh wisatawan.

(Sumber: travel.okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar